Kandungan Bahan Skincare Yang Wajib Dihindari Agar Wajah Tetap Terawat

Kandungan Bahan Skincare Yang Wajib Dihindari Agar Wajah Tetap Terawat

Kandungan Bahan Skincare Yang Wajib Dihindari Sebelum Merusak Kulit Wajah

Seiring dengan berkembangnya zaman semakin banyak bermunculnya produk – produk kecantikan seperti skincare dan bahan kosmetik atau pun make up. Namun, perlu anda ketahui bahwa tidak semua kandungan bahan skincare baik untuk kulit wajah. Ada beberapa yang perlu untuk dihindari karena berbahaya. Oleh karena itu anda harus mengenal kandungan bahan skincare yang wajib dihindari.

Kandungan Bahan Skincare Yang Wajib Dihindari

Berikut ini adalah beberapa jenis kandungan bahan skincare yang harus dihindari, yaitu:

Kandungan Bahan Kimia Skincare Berbahaya yang Harus Dihindari

 

1. Paraben

Paraben adalah salah satu zat pengawet  kimia yang digunakan sebagai kandungan bahan skincare produk – produk kecantikan dan perawatan tubuh. Paraben banyak ditemukan di berbagai produk seperti body lotion, pelembab, sampo dan lain – lain.

Hal ini perlu untuk diperhatikan karena efek dari paraben sangat berbahaya, terutama dapat memicu penyakit kanker payudara. Salah satu cara alternatifnya adalah  Anda dapat menggunakan produk – produk perawatan kulit yang tidak mengandung paraben.

 

2. Sulfat

Sulfat merupakan senyawa kimia yang bersifat asam jika digunakan untuk kulit Anda. Jenis sulfat yang sering digunakan dalam pembuatan produk kecantikan dan kosmetik adalah sodium laureth sulfate.

Hal ini sangat berbahaya akrena dalam jumlah yang besar sulfat dapat menyebabkan kelembaban kulit menghilang sehingga lapisan kulit bagian atas menipis dan gampang terkena iritasi.

 

3. Phthalate

Fungsi dari Phthalate adalah sebagai pelentur. Pada umumnya zat ini dijumpai pada beberapa produk seperti shampo, pelembab, cat kuku dan lain – lain.  Namun, senyawa ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker payudara. Selain itu, zat ini juga dapat berpengaruh buruk terhadap proses reproduksi dan hormon pada laki – laki dan perempuan.  

 

4. Fragrance

Fakta menunjukkan bahwa hampir semua jenis produk skincare dan kecantikan menggunakan zat fragrance sebagai kandungan bahan skincare. Zat tersebut sangat berbahaya karena memiliki komposisi bahan kimia yang dapat merusak kulit dan tubuh Anda. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah semakin tinggi kadar kewangiannya maka kandungan zat kimianya juga semakin tinggi.

 

5. Formaldehyde atau Formalin

Formalin merupakan salah satu gas dengan ciri – ciri tidak berwarna dan mudah terbakar. Dalam dunia kecantikan formalin berfungsi sebagai pengawet kosmetik dan produk – produk skincare.

Anda dapat menemukannya pada beberapa produk seperti deodoran, make up dan lain – lain. Oleh karena itu, Anda harus selektif sebelum membeli produk – produk skincare dan kosmetik Anda.

 

6. Hydroquinon

Hydroquinon merupakan salah satu zat yang berfungsi sebagai pemutih kulit. Hal ini dapat dijumpai di kream wajah. Zat tersebut jika digunakan dalam dosis yang sangat tinggi dapat berbahaya karena mengakibatkan hiperpigmentasi.

 

7. Poly ethylene

Polyethylene glycol banyak dijumpai pada beragam produk kosmetik. Fungsi dari bahan tersebut adalah untuk melarutkan obat dan mempercepat penyerapan obat ke dalam kulit.

Bahan ini sangat tidak cocok jika diaplikasikan pada seseorang yang sedang terkena jerawat, memiliki kulit yang sensitif dan lain – lain. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan iritasi.  Selain itu, penggunaan polyethylene glycol dapat memicu penuaan dini dan menyebabkan kulit Anda mengering.

 

8. Retinol

Fungsi retinol antara lain adalah sebagai anti aging yang meliputi mengatasi adanya garis halus dan kerutan di kulit Anda.  Namun, penggunaan retinol sebagai kandungan bahan skincare dapat menyebabkan kulit terkelupas dan kering.

 

9. Propylene Glycol

Propylene Glycol dapat dijumpai pada beberapa kandungan bahan skincare produk skincare seperti lipstik dan shampo. Penggunaan secara berlebih dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Selain itu, juga dapat menyebabkan kulit Anda berwarna kemerahan.

Demikian kandungan bahan skincare yang wajib anda hindari sebelum memutuskan untuk mengunakan skincare.

Baca juga artikel menarik lainnya: Cara Mengobati Jerawat Pada Wajah Akibat Hormon|vitaminkecantikan.com

Temukan artikel kecantikan hanya di vitaminkecantikan.com

dan

 

lisda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *