Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Mengeras Dalam Waktu Singkat, Simak!

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Mengeras Dalam Waktu Singkat, Simak!

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Yang Mengeras Dalam Waktu Singkat

Jerawat batu pada wajah sering terjadi karena stres dan faktor hormon yang tidak stabil dalam tubuh. Memiliki Ukuranya yang besar, berwarna kemerahan dan diuraikan dengan nanah pasti sangat disukai kita. Efek yang mungkin terjadi dapat menimbulkan rasa gatal dan perih pada area yang ditumbuhi jerawat. Jerawat batu yang sangat menganggu penderitanya membuat banyak sekali pencarian bagaimana cara menghilangkan jerawat batu

 

Cara Menghilangkan Jerawat Batu
Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Selain karena faktor hormon, jerawat batu juga bisa timbul karena sel-sel kulit mati yang menumpuk sehingga pori-pori wajah tersumbat. Dan juga bakteri ikut terlibat di dalamnya sehingga membuat area jerawat menjadi merah dan membengkak membuat benjolan yang mengandung nanah. Tidak hanya pada kulit wajah, jerawat batu juga bisa muncul pada dada, pundak, punggung, telinga, hidung atau kepala.

Penyebab Jerawat Batu

Tidak ada yang pasti apa penyebab kenapa batu bisa terjadi, namun menurut hasil penelitian pemicu jerawat adalah hormon androgen. Hormon androgen yang meningkat menyebabkan perubahan pada kulit, sehingga menyebabkan tersumbatnya pori-pori wajah dan jerawat. Jerawat batu karena hormon androgen yang biasanya menyerang remaja, wanita sedang menstruasi, menopause, wanita hamil, atau penderita ovarium polikistik. 

Jerawat batu akibat hormon androgen ini merupakan warisan gen dari orang tua untuk Anda. Jadi tidak jarang kita bahas jika salah satu orang tua pernah mengalami jerawat, maka kemungkinan besar akan juga mengalaminya. 

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Sebenarnya jerawat batu sulit disembuhkan hanya dengan memakai obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Jika Anda benar-benar ingin mengatasi jerawat dari wajah Anda, maka Anda harus menggunakan tenaga ahli, seperti dokter kulit atau ahli kulit. Berikut ini adalah obat-obatan yang digunakan sebagai alternatif atau cara menghilangkan jerawat batu dari wajah Anda.

  • Antibiotik
    Menggunakan antibiotik sangat baik digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu, karena dapat membantu mengendalikan bakteri dan meringankan peradangan jerawat pada kulit Anda.
    Namun terkadang, ada jenis jerawat yang kebal terhadap antibiotik. Antibiotik umumnya dikonsumsi dalam bentuk tablet, dengan jenis dan dosis berdasarkan usia, jenis jerawat, dan kondisi jerawat.

 

  • Asam salisilat Dan asam azelaic
    Sifat antibakteri Yang dimiliki o bat asam salisilat Dan asam azelaic can mencegah terjadinya penyumbatan PADA folikel Rambut Yang DAPAT memicu Jerawat.

 

  • Dapson
    Biasanya dapson diberikan untuk mengurangi jerawat yang meradang, biasanya PADA wanita beranjak dewasa.

 

  • Isotretinoin
    Isotretinoin dapat mengurangi produksi minyak di kulit wajah dan mengurangi peradangan. kebanyakan orang berhasil menyingkirkan jerawat batu di kulit mereka secara permanen dan tuntas dengan obat ini. Namun, obat ini bisa beresiko beberapa efek samping yang serius. Untuk itu, sebelum menggunakan obat ini konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit.

 

  • Pil Kontrasepsi
    Ada beberapa jenis pil kontrasepsi yang dapat digunakan sebagai obat jerawat pada wanita. Namun, sebelum menggunakan obat pil kontrasepsi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

 

  • Spironolakton
    Obat Spironolakton dapat menghambat produksi hormon androgen pada minyak di kulit wajah Anda. Obat ini biasanya digunakan remaja perempuan jika antibiotik oral tidak membuahkan hasil.

 

  • Obat oles yang mengandung retinoid
    Obat oles yang mengandung retinoid sangat baik digunakan untuk cara menghilangkan jerawat batu, karena retinoid merupakan vitamin A yang dapat membebasakan kulit dari pori-pori tersumbat serta membantu antibiotik dapat berkerja maksimal. Biasa obat ini kita temui dalam bentuk krim, gel atau salep. 

Selain obat-obatan, Ada juga beberapa jenis terapi yang direkomendasikan untuk  cara menghilangkan jerawat batu, seperti:

  • Pengeluaran  komedo hitam putih dengan alat khusus. Namun, terapi ini memiliki risiko terbentuknya bopeng pada kulit.
  • Pengelupasan kulit ( peeling ) DENGAN Bahan Kimia, seperti asam salisilat. 
  • Suntik kortikosteroid langsung ke jerawat untuk mengurangi peradangaran dan rasa sakitnya.
  • Terapi laser dan fotodinamik. Terapi sinar laser yang dilakukan untuk memulihkan jerawat  mulai membaik

Itulah cara menghilangkan jerawat batu yang membandel, Jika kamu memiliki jerawat, jangan didiamkan begitu saja. Periksakan ke dokter agar Anda segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.

 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: Kandungan Bahan Skincare Yang Wajib Dihindari Agar Wajah Tetap Terawat

lisda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat